Rabu, 19 Agustus 2009

R software untuk statistikawan

R software adalah program statistika versi tdk berbayar
krn bs didapatkan dgn mudah ,.
cara penggunaanya cukup mudah layaknya matlab,.
beberapa kelibihan pada r sofware diantaranya:

1. R merupakan open source software sehingga orang tidak perlu membeli lisensi ataupun dengan membajak untuk menggunakannya selain itu karena R merupakan open source sehingga bagi orang yang tertarik mempelajari lebih dalam, maka terbuka kemungkinan bukan saja dapat “menggunakan” program aplikasi tersebut,tetapi dapat “mengembangkan”, atau “membuat” program aplikasi sejenis dengan melihat pada source code yang menyertainya.

2. R dikembangkan oleh sebuah tim inti (core team) yang terdiri dari para ahli statistika, komputer dan pemrograman, geografi, ekonomi dari institusi yang berbeda di seluruh dunia, jadi jelas bahwa R benar benar powerfull untuk mengerjakan analisis statistika yang rumit sekalipun.

3. R dapat berinteraksi dengan program statistika lainnya seperti SPSS, Microsoft Excel, Minitab, SAS, Systat, EPinfo disamping “kerabat dekat” nya yaitu S-PLUS dengan menyediakan fasilitas export dan import data.

4. R bersifat multiplatform yakni dapat diinstall dan digunakan baik dalam sistem operasi Windows, UNIX/LINUX maupun pada Macintosh.

5. Untuk keperluan komputasi yang intensif, code C, C++, dan Fortran dapat dilink dan dipanggil secara bersamaan pada R, Advance users dapat menulis code C untuk memanipulasi objek R secara langsung.

6. R efektif dalam hal pengelolaan dan penyimpanan data karena ukuran file yang disimpan lebih kecil dibandingkan software lainnya.

7. R memiliki tampilan grafik yang menarik dan dapat dimodifikasi sesuai keinginan user.

8. R dilengkapi deretan operator untuk perhitungan dalam array khususnya matrix.
Interaksi user dengan R dapat dilakukan dengan menggunakan R console maupun dengan menggunakan menu GUI (R-commander), akan tetapi di versi GUI-nya analisis statistika yang disediakan masih terbatas.

Banyak sekali kelebihannya bukan,segera download R-2.9.1 dapat didownload di http://cran.r-project.org/bin/windows/base/R-2.9.1-win32.exe
dengan menggunakan ini kita bisa mengurangi pembajakan software,JAYALAH INDONESIAKU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar